Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Thursday, 20 April 2017

Pengertian Menggiring Bola Zig Zag Teknik Dengan Kaki Bagian Luar Dalam

Pengertian Menggiring Bola - Tri Septa Agung Pamungkas (2009:74) bahwa menggiring (dribbling) adalah teknik dan seni membawa atau menggiring bola yang membutuhkan keseimbangan dan penguasaan bola yang baik serta kepercayaan dirinya yang besar.Menggiring bola adalah metode menggerakan bola dari satu titik ke titik lain di lapangan dengan menggunakan kaki. Bola harus selalu dekat dengan kaki agar mudah dikontrol (Robert Koger, 2007:51).

Teknik menggiring bola adalah cara membawa bola dengan menggunakan kaki yang mempunyai tujuan, melewati lawan, menyelamatkan bola dari penguasaan kontrol bola oleh pemain lawan. Pada umumnya menggiring bola bisa dilakukan dengan cepat dan bisa juga dalam keadaan lambat yang disesuaikan dengan kebutuhan atau strategiyang diterapkan (M.Muhyi Faruq, 2008:68). Pada saat menggiring bola dengan kondisi berlari cepat sambil membawa bola, maka pemain harus berada dalam posisi kontrol yang tinggi  dan kewaspadaan yang tinggi. Selain mengontrol bola pemain juga harus berpikir di mana posisi lawan dan bagaimana  caranya bisa terlepas dari kawalan lawan. Selain itu, pemain harus melihat di mana posisi kawan berada.Kemampuan si pemain untuk berpikir dengan cepat pada saat menggiring bola sangat penting, salah memberikan passing bola berakibat fatal pada gawang sendiri. Setiap pemain mempunyai kemampuan menggiring bola yang berbeda-beda dengan karakter dan gaya pemain, tetapiyang jelas tujuan utamanya adalah penguasaan bola yang baik, kontrol bolyang baik dan bisa mencetak gol ke gawang lawan dengan sebanyak-banyaknya (M. Muhyi Faruq, 2008:68).


Sucipto, dkk (2000:28) mengatakan bahwa menggiring bola adalah menendang terputus-putus. Lukman Yudianto (2009:23) menggiring bola adalah memainkan bola sambil berlari-lari, yang dapat dilakukan dengan arah lurus maupun berbelok-belok.Hal terpenting dan harus diperhatikan saat menggiring bola yaitu pada situasi yang tepat di daerah pertahanan lawan. Danny Mielke (2007: 3) menyatakan gunakanlah dribbling untuk menciptakan ruang diantara  pemain lawan sehingga kamu berada pada posisi yang lebih baik. Seorang penggiring bola yang baik mengetahui kemana arah yang sedang dtujunya dan kapan untuk melepaskan bola itu, dan bagaimana cara menghindar dari dua atau tiga pemain bertahan lawan yang hendak menyudutkannya (Clive Gifford, 2002:27).

Pengertian menggiring bola dari beberapa pendapat yang dikemukakan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa teknik menggiring bola penting dalampermainan olahraga futsal.Pemain yang terampil menggiring bola mampu membuka ruang untuk melakukan serangan atau mengacaukan pertahanan lawan untuk menciptakan gol.Kemudian apabila menggiring bola terlalu lama dalam daerah sendiri bisa membahayakan, karena lawan bisa merebut dan mencetak gol dari kesalahan terlalu lama menggiring bola di daerah sendiri. Ferran Bianca (2010:35) membawa bola merupakan hal yang mudah, namun membawa bola sambil berlari dan mengendalikan arah bola membutuhkan perhatian serta latihan khusus. Kemudian dribble merupakan hal paling utama yang harus dimiliki oleh pemain yang senang menyerang.

Macam- macam Cara Menggiring Bola

Menggiring bola dapat dilakukan dengan menggunakan bebagai cara, baik dilakukan dalam permainan futsal. Cara menggiring bola antara lain : 1) menggiring bola dengan kaki bagian dalam, 2) menggiring bola dengan kaki bagian luar, 3) menggiring bola dengan punggung kaki (Sucipto, dkk, 2000:28). Ketiga cara menggiring bola di atas, dalam penelitian ini menggunakan cara menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan menggiring bola dengan kaki bagian luar. 

1. Menggiring Bola Dengan Kaki Bagian Dalam
Sucipto, dkk (2000:28) umumnya menggiring bola dengan kaki bagian dalam \digunakan untuk melewati atau mengecoh lawan. Analisis menggiring bola dengan kaki bagian dalam menurut Abadul Rohim (2008:19) adalah sebagai berikut :
  • Diawali dengan sikap berdiri menghadap arah gerakan, pandangan ke depan.
  • Sikap kedua lengan di samping badan agak telentang.
  • Pergelangan kaki diputar keluar dan dikunci.
  • Dorong bola dengan kaki bagian dalam ke arah depan dengan posisi kaki agak terangkat dari tanah dan berat badan di bawah ke depan.
  • Tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan menggiring bola. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini :


Gambar 1. Menggiring bola dengan kaki bagian dalam 

Pengertian Menggiring Bola  
Sumber : Sucipto, dkk (2000:29)   


2. Menggiring Bola Dengan Kaki Bagian Luar
Cara mengggiring bola dengan kaki bagian luar menurut Abdul Rohim (2008:20), adalah sebagai berikut :
  • Diawali sikap berdiri menghadap arah gerakan, pandangan ke depan .
  • Sikap kedua lengan di samping badan agak telentang.
  • Pergelangan kaki diputar ke dalam dan kunci.
  • Dorong bola dengan kaki bagian luar kea rah depan dengan posisi kaki agak terangkat dari tanah.
  • Tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan menggiring bola.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Gambar 2. Menggiring bola dengan kaki bagian luar 
 
Sumber : Sucipto, dkk (2000:30)


3. Menggiring Bola Dengan Punggung Kaki
Sucipto, dkk (2000:31) umumnya digunakan untuk mendekati jarak dan paling cepat dibandingkan dengan bagian kaki lainnya, analisis menggiring bola dengan punggung kaki menurut Sucipto, dkk (2000:31) adalah sebagai berikut :

  • Posisi kaki menggiring bola sama seperti posisi menendang dengan punggung kaki.
  • Kaki yang digunakan menggiring bola hanya menyentuh atau mendorong bola tanpa terlebih dahulu ditarik ke belakang dan diayun ke depan.
  • Tiap melangkah secara teratur kaki menyentuh bola.
  • Bola bergulir harus selalu dekat dengan kaki dengan demikian bola tetap dikuasai.
  • Kedua lutut sedikit ditekuk agar mudah menguasai bola.
  • Pandangan melihat bola pada saat kaki menyentuh, kemudian melihat situasi dan kedua lengan menjaga keseimbangan di samping badan.

Gambar 3. Menggiring bola dengan punggung kaki 

 
Sumber : Sucipto, dkk (2000:31)



Menggiring Bola Zig-Zag

Agus Salim (2008:21) mengatakan bahwa model teknik menggiring bola ada 4 macam, yaitu : 1) menggiring bola berpasangan dan berhadapan dengan jarak 3-6 meter, 2) menggiring bola dengan lari berantai memutar dalam bentuk kelompok, 3) menggiring bola mengikuti gerakan teman yang di depan, 4) menggiring bola dengan zig-zag. Menggiring yang dilakukan dalam penelitian ini adalah model menggiring bola dengan zig-zag.

Gerak zig-zag adalah taktik untuk menipu pemain lawan dan membantu meloloskan diri dari penjagaan yang ketat.Gerak zig-zag khususnya sangat efektif saat menghadapi pemain yang larinya lambat atau lambat bereaksiterhadap perubahan arah (Danny Mielke, 2007: 89).Agus Salim (2008: 122) mengatakan bahwa menggiring bola zig-zag bukan hanya soal kecepatan saja, tetapi harus bisa merubah kecepatan dan arahnya. Jika mempunyai kemampuan dalam hal menggiring, maka pemain lawan tidak akan memberikan keleluasaan serta kesempatan untuk menunjukan kemampuan tersebut.

Teknikmenggiring bola zig-zag adalah dengan cara posisi ketika mendekati lawan, turunkan bahu dan condongkan tubuh kesisi lain sehingga tampak seolah-olah akan mendorong bola kea rah tersebut. Pada saat pemain bergerak untuk menyerobot bola, biarkan bola tersebut “liar” atau tidak terlindungi.Sesaat sebelum pemain bisa menyerobot bola, pindahkan berat badan, julurkan salah satu kaki ke sekitar bola dan dorong bola menjauhi pemain lawan tersebut. Kemudian tarik kembali dan bergeraklah dengan cepat ke arah lain atau operkan bola tersebut (Danny Mielke, 2007:89).    

Gambar 4. Teknik menggiring bola zig-zag 


Sumber : Abdul Rohim (2008:23)

Rober Koger (2007:54) mengatakan pelaksanaan menggiring bola zig-zag dengan cara meletakan cone-cone dalam satu barisan lurus atau berbelok-belok, dan instrusikan para pemain untuk menggiring bola secara lurus dan zig-zag di sela-selanya. Kegiatan ini melatih kemampuan pemain menggiring dan mengontrol bola, serta mengubah kecepatan lari para pemain.

Mellius Ma’u dan J.Santoso (2014:33) bentuk latihan menggiring bola melewati conesdengan cara sebagai berikut :
  1. Arah menggiring bola adalah zig-zag melewati cones.
  2. Posisikan bola di bagian dalam dan luar kaki secara bergantian.
  3. Apabila menggiring menggunakan kaki kanan (kecuali kidal) maka gunakan bagian luar untuk ke arah kanan melewati cones.
  4. Kemudian, gunakan kaki bagian dalam untuk menyilangkan bola melewati cones. Diteruskan membuat arah zig-zag melewati cones.
  5. Dalam tahap berikutnya, gunakan kaki kanan dan kiri. Membuat zig-zag ke kanan menggunakan bagian dalam dan luar kaki kanan, sementara membuat zig-zag ke kiri mengguunakan bagian dalam dan luar kaki kiri.
  6. Semakin cepat melewati cones akan lebih baik.

Daftar Pustaka Makalah Menggiring Bola Zig Zag
Tri Septa Agung Pamungkas. 2009. Kamus Pintar Sepak Bola. Malang. DIOMA.
Koger, Robert. 2007. Latihan Dasar andal Sepakbola Remaja. Klaten. Saka Mitra Kompetensi
M. Muhyi Faruq. 2008. Meningkatkan Kebugaran Tubuh Melalui Permainan dan Olahraga Sepak Bola. Surabaya. GRASINDO
Sucipto dkk. 2000. Sepak Bola. Jakarta. Depdiknas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Lukman Yudianto. 2009. Teknik Bermain Sepak Bola dan Futsal. Visi 7.
Danny Mielke. 2007. Dasar-dasar Sepak Bola. Bandung. Pakar Raya
Gifford, Clive. 2002. Sepak Bola. Erlangga
Ferren Bianca. 2010. Seri Olahraga Anak Sepak Bola. Jakarta. Niaga Swadaya
Abdul Rohim. 2008. Bermain Sepak Bola. Semarang. CV. Aneka Ilmu
Agus Salim. 2008. Buku Pintar Sepak Bola. Bandung. NUANSA
Mellius Ma’u dan J. Santoso. 2014. Teknik Dasar Bermain Sepak Bola. Yogyakarta. Cakrawala

Pengertian Menggiring Bola Zig Zag Teknik Dengan Kaki Bagian Luar Dalam Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

0 comments:

Post a Comment