Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Tuesday, 25 April 2017

Pengertian Senam Menurut Definisi Para Ahli Macam Senam Artistik Ritmik Akrobatik Trampolin

Pengetian Senam - Masyarakat Indonesia pada umumnya mengenal senan adalah olahraga yang mengandung unsur kelenturan yang sangat tinggi yang digabungkan dengan kekuatan dan koordinasi sehingga menghasilkan gerakan yang indah dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 


Definisi Senam Menurut Agus Mahendra (2000:8) senam mulai dikenal di  Indonesia sejak tahun 1912,  yang diperkenalkan oleh Belanda melalui pelajaran pendidikan jasmani yang diwajiban pada saat itu. Berdasarkan sejarah senam merupakan olahraga yang berasal dari  Yunani Kuno, yang sudah ada sejak tahun 1000 SM sebagai salah satu cabang olahrga yang dipertandingkan pada olimpiade Yunani Kuno. Jika dalam bahasa inggris senam ditulis gymnastic yang merupakan serapan dari bahasa yunani kuno yaitu gymnazien yang berarti berlatih atau melatih yang diserap dari kata gymnos yang berarti teanjang. Pengertian kata telanjang dapat diartikan pada era Yunani Kuno belum ada perkembangan teknologi sehingga belum ada produk yang menciptakan pakaian yang lentur yang mengikuti gerak tubuh sehingga dalampelaksanaan senam jaman dahulu harus telanjang atau setengah telanjang.

Pengertian senam, menurut ahli maupun pakar olahraga memang beragam, dalam buku Agus Mahendra (2000:9) menuliskan menurut Peter H.Werner: gymnastics may be globally defined as any physical exercises onthefloor or apparatus that is designed to promote endurance ,strength, flexibillity, agility, coordination and body control. Jika diartikan pada bahasa indonesia: senam dapat diartikan sebagai bentuk latihan tubuh pada lantai atau pada alat yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan, kelentukan, kelincahan, koordinasi, serta kontrol tubuh. Jadi terfokus pada gerak tubuh tidak terfokus pada alat dab bukan pada pola geraknya, yang terpenting adalah peningkatan kualitas fisik serta pengontrolan. 

Pendapat lain menyatakan dalam buku Hetti Restianti (2010:3) menurut Menke G Frank senam terdiri atas gerakan-gerakan yang luas atau menyeluruh dari latihan yang dapat membangun atau membentuk otot seperti pergelangan tangan, punggung, dan lengan. 

Senam menurut Imam Hidayat dalam buku Agus Mahendra (2000:10):  merupakan suatu latihan tubuh yang dipilih dan dikonstruksikan dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terencana, disusun secara sistematis dimana didalam geraknya terdapat unsur calesthenic (keindahan), tumbling (cepat dan eksplosif), akrobatik (fleksibilitas gerak dan keseimbangan) dengan tujuan meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan, dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual.

Menururt Anandita F.P (2010:10) senam adalah aktifitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri maupun sebagai latihan untuk cabang olahraga lainnya. Dari pengertian ini dapat diartikan bahwa senam dapat berupa cabang olahraga yang dikompetisikan dalam suatu kejuaraan serta dapat pula berupa program latihan tubuh dilakukan dengan tujuan tertentu.

Merujuk pada beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa senam adalah bentuk aktifitas fisik yang dilakukan sebagai cabang olahraga maupun sebagai program latihan tubuh yang disusun secara sitematis dan dilakukan secara sadar, dan dalam gerakannya terdapat unsur keindahan, kekuatan, kecepatan, kelentukan, dan keseimbangan yang dilakukan dengan tujuan tertentu diantaranya untuk meningkatkan kesegaran jasmani, kesehatan, pendidikan dan prestasi.

Macam-macam senam

Menurut Agus Mahendra (2000:11-14) karena begitu banyaknya jenis kegiatan yang dapat dikategorikan dalam senam maka senam dibagi menjadi beberapa kelompok yang sudah dikategorikan menjadi enam kategori oleh badan yang menaungi kegiatan senam di dunia FIG (Federation Internationale De Gymnastique), yaitu:

1. Senam artistik (artistic gymnastics) 
Merupakan jenis senam yang menggabungkan aspek tumbling dan akrobatik untuk mendapat efek-efek artistik dari gerakan yang dilakukan pada lantai dan alat. Senam artistik dibagi menjadi dua nomor yaitu nomor artistik putra dan nomor artistik putri. Nomor pada artistik putra dibagi menjadi beberapa alat, yaitu: lantai, kuda pelana, gelang-gelang, kuda lompat, palang sejajar, dan palang tunggal. Sedangkan nomor pada artistik putri meliputi:meja lompat, palang bertingkat, balok keseimbangan, dan lantai.

2. Senam ritmik (sportive rhytmic gymnastics)
Merupakan kategori senam yang didalamnya mengandung unsur irama musik yang dipadu padankan dengan alat senam ritmik sehingga menghasilka pola gerak tubuh dan alat yang artistik. Senam ritmika hanya diperuntukkan untuk putri, adapun alatnya yaitu: bola, pita, tali, simpai, dan gada.

3. Senam akrobatik (acrobatic gymnastics)
Merupakan kategori senam yang mengandalkan akrobatik dan tumbling, sehingga latihannya banyak mengandung salto dan putaran mendarat ditempat yang sulit. Senam akrobatik juga diiringi dengan irama musik namun iramanya lebih pelan, dikarenakan gerakannya pelan karena membutuhkan konsentrasi tinggi dalam melakukan berbagai pola gerak akrobatik baik yang dilakukan sendiri, berpasanga, atau beregu.

4. Senam aerobik sports (sports aerobic)
Merupakan kategori senam pengembangan diri dari senam aerobik yang berupa tarian atau kalistenik tertentu yang digabungkan dengan berbagai gerakan akrobatik yang sulit yang terdiri dari koreografi gerak dan difficulty ellement.

Pengertian Senam

5. Senam trampolin (trampolinning)
Merupakan kategori senam pengembangan bentuk latihan yang dilakukan di atas trampolin untuk membantu seseorang melakukan  gerakan putaran akrobatik di udara yang indah. Namun karena latihan yang menarik akhirnya dibuat menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan.

6. Senam general (umum)
Segala jenis senam di luar dari ke lima jenis senam, dimana senam general merupakan kategori senam yang tidak bersifat kompetitif sehingga tujuan utama dari senam general adalah untuk rekreasi, kesehatan, dan menjaga kebugaran jasmani. Senam general memiliki berbagai macam produk yang sudah dikenal di kalangan masyarakat luas, diantaranya: SKJ, SABI, Senam konservasi, SJS, SSB, senam tera, poco-poco, dangdut aerobik, hip hop, senam aerobik, zumba, dll. 

Daftar Pustaka Makalah Senam
Agus Mahendra. 2000. Senam. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hetti Restanti. 2010. Mengenal Jenis Senam. Bogor: Quadra.
Anandita F.P. 2010. Mengenal Senam. Bogor: Quadra.

Pengertian Senam Menurut Definisi Para Ahli Macam Senam Artistik Ritmik Akrobatik Trampolin Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

0 comments:

Post a Comment